Cara Efisien Membersihkan Apartemen Bagi Pemilik Yang Sibuk

by , under Apartemen

CARA EFISIEN MEMBERSIHKAN APARTEMEN BAGI PEMILIK YANG SIBUK

Pemilik apartemen biasanya adalah orang-orang yang sibuk dengan dunia kerja. Sehingga kebersihan apartemen seringkali diabaikan. Padahal menjaga kebersihan apartemen sangat penting untuk dilakukan.

Selain karena alasan kenyamanan, kesehatan penghuninya pun dapat dipengaruhi oleh kebersihan apartemen tersebut. Membersihkan apartemen adalah hal yang harus benar-benar diagendakan pada waktu libur.

Membersihkan apartemen bagi pemilik yang sibuk juga berkaitan dengan waktu yang singkat. Hal itu bisa didapat jika Anda membersihkan apartemen dengan cara yang efisien. Artikel ini akan membahas tentang cara efisien membersihkan apartemen bagi pemilik yang sibuk.

Berikut ulasannya:

1. Siapkan alat.

Alat yang digunakan untuk membersihkan apartemen harus dipersiapkan terlebih dahulu. Alat-alat tersebut diantaranya vacuum cleaner, sabun cuci piring, semprotan serbaguna, pembersih kaca, pembersih toilet, lap, tisu, spons cuci, dan sebagainya.

Persiapan alat adalah untuk mempermudah jangkauan ketika proses membersihkan apartemen dilakukan, sehingga tak perlu membuang waktu lagi untuk mencari peralatan yang dibutuhkan.

2. Mulai bersihkan kamar mandi.

Toilet dan kamar mandi bisa menjadi sarang kuman yang paling berbahaya jika tidak dijaga kebersihannya. Untuk itu, Anda perlu membersihkan apartemen mulai dari toilet dan kamar mandi.

Pertama, bersihkan noda di wastafel, bathtub, dan tangki toilet bagian atas. Semprotkan cairan pembersih pada bagian-bagian tersebut, tunggu beberapa menit.

Sementara menunggu Anda bisa melakukan pekerjaan lain seperti mengelap cermin di kamar mandi. Gunakan pembersih kaca agar hasil yang didapat lebih maksimal. Setelah cermin bersih, Anda bisa kembali dengan membilas wastafel, bathtub, dan tangki toilet bagian atas dengan air.

Bilas sampai bersih, lalu keringkan dengan lap yang menyerap air.

Terakhir bersihkan lantai kamar mandi dengan sikat khusus. Bilas dengan air, lalu keringkan. Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah menata kembali peralatan kamar mandi seperti sabun, hair dryer, handuk, dan sebagainya.

3. Bersihkan kamar tidur.

Kamar tidur adalah tempat bagi Anda untuk beristirahat dari penatnya aktivitas yang telah Anda jalani seharian. Untuk itu kebersihan, kenyamanan dan kerapiannya tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Jika tempat tidur Anda bersih, nyaman, dan rapi, maka Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sehingga ketika bangun dipagi hari, tubuh Anda akan menjadi lebih fresh. Anda akan lebih bersemangat untuk memulai aktivitas kembali.

Untuk membersihkannya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membereskan pakaian yang tercecer dilantai maupun di ranjang. Kumpulkan pakaian tersebut pada keranjang cucian kotor. Setelah itu rapikan sprei dan lipat selimut.

Anda juga perlu membereskan cangkir dan gelas yang masih tergeletak ke tempat cuci piring. Letakkan aksesoris dan alat make up ke tempat semula. Lalu bersihkan kotoran dan rambut rontok dilantai dan tempat tidur dengan penyedot debu. Dan membersihkan kamar tidurpun selesai dilakukan.

4. Bersihkan dapur.

Membersihkan apartemen tidak lengkap jika tidak disertai dengan membersihkan dapur. Dapur adalah tempat yang paling kotor jika tidak rajin dibersihkan. Sebab, noda-noda makanan, cipratan minyak, sampah makanan, piring dan gelas kotor semuanya ada di dapur. Untuk itu membersihkan dapur adalah hal yang wajib dilakukan. Langkah-langkah dalam membersihkan dapur diantaranya:

Pertama, cuci piring, gelas, dan peralatan memasak yang kotor dengan sabun cuci piring dan spons. Setelah bersih, Anda bisa mengelapnya sampai kering lalu taruh pada tempat semula.

Setelah itu bersihkan permukaan kompor dari bekas cipratan minyak dan kuah masakan. Bersihkan pula meja masak dengan pembersih khusus. Untuk bau yang tidak sedap pada kantung sampah bisa Anda tambahkan perasan jeruk lemon di atasnya.

5. Ruang tamu.

Jika Anda menerima tamu, ruang tamu adalah tempat yang akan Anda gunakan. Sehingga, kebersihannya sangat penting untuk dijaga. Bayangkan betapa malunya Anda jika ada tamu yang datang sedangkan ruang tamu Anda dalam keadaan yang berantakan dan kotor.

Selain itu juga akan membuat tamu Anda tidak nyaman berlama-lama di apartemen Anda.

Untuk membersihkan ruang tamu, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah membersihkan lantainya. Cara membersihkan lantai apartemen tergantung dari jenis lantai yang digunakan di apartemen Anda.

Jika menggunakan karpet, Anda cukup memakai vacuum cleaner untuk membersihkannya. Tetapi jika lantainya keramik, Anda harus menggunakan pel agar lebih kinclong.

Kedua, bersihkan furniture di ruang tamu Anda. seperti sofa, meja, rak buku, dan sebagainya. Untuk membersihkan sofa, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Membersihkan meja dengan lap basah.

Rak buku kemungkinan terdapat banyak debu, sehingga Anda harus membersihkannya dengan penyedot debu dan lap basah. Dan yang terakhir, tata kembali barang-barang dan hiasan ke tempat semula. Hal ini perlu dilakukan agar selain bersih, Apartemen Anda menjadi lebih rapi.

Itulah cara yang efisien membersihkan apartemen. Meskipun Anda sibuk, tetap bisa menjaga kebersihan apartemen Anda dengan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat.