Tips Membeli Rumah Pertama Yang Tak Boleh Anda Lewatkan Satupun

by , under Tips

Tips Membeli Rumah Pertama Yang Tak Boleh Anda Lewatkan Satupun

Membeli rumah pertama memang sering membuat orang bingung. Pasalnya mereka belum berpengalaman dalam hal tersebut. Ya, tak ada seorangpun yang ingin menyesal dengan pembelian rumah pertamanya, untuk itu peru diperhitungkan secara matang.

Nah, untuk Anda yang akan berkeluarga dan masih bingung bagaimana cara membeli rumah pertama yang sesuai dengan harapan, yuk langsung saja simak ulasan menariknya berikut ini.

1. Pilih jenis rumah sesuai dengan kebutuhan

Tentukanlah luas rumah yang Anda inginkan dan jumlah kamar serta ruangan lainnya yang Anda perlukan. Selanjutnya, yang perlu dipikirkan adalah model rumah impian seperti apa yang akan Anda wujudkan, misalnya yang bergaya klasik, mewah, modern, futuristik, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan pertimbangan tersebut, maka Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana tampilan rumah Anda nantinya. Pembelian rumah termasuk ke dalam pembelian dalam skala yang besar di dalam hidup Anda, oleh sebab itu harus diperinci lebih detail kira-kira seperti apa rumah yang Anda butuhkan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

2. Mendatangi pameran properti

Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah mencari event pameran properti dan kunjungilah acara tersebut. Tentu saja acara tersebut sangat bermanfaat untuk Anda karena dapat melihat banyak referensi model rumah yang sedang ngetrend di zaman ini.

Anda bisa mengira-ira sendiri kelebihan dan kekurangan dari setiap rumah yang sedang dipamerkan dan Anda juga bisa bertanya secara detail kepada pemberi informasi terkait dengan pameran rumah tersebut. Anda pun tak perlu bingung lagi dalam menentukan model rumah seperti apa yang akan dibeli.

Memang dalam membeli rumah pertama Anda harus benar-benar teliti agar tidak ada penyesalan yang akan menghampiri di kemudian hari.

3. Konsultasikan dengan agen properti

Jika Anda memang belum paham mengenai pembelian rumah, cobalah untuk berkonsultasi kepada ahlinya yaitu agen properti. Agen properti akan berusaha untuk mencarikan rumah yang sesuai dengan budget dan juga keinginan Anda.

Agen properti juga akan membantu Anda dalam proses negosiasi, mendapatkan pinjaman, sampai menyelesaikan dokumen-dokumen yang diperlukan. Ada hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih agen properti yaitu pilih yang terpercaya.

Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu rekam jejak dari agen tersebut yang bisa dicari melalui internet ataupun sumber yang lainnya. Lihatlah di kolom komentar, jika banyak yang komplain maka agen tersebut tidak patut untuk diajak kerjasama dalam membeli rumah pertama.

4. Menentukan cara pembayaran

Ada beberapa cara pembayaran yang bisanya ditawarkan oleh pengembang properti, yaitu tunai tertahap, tunai Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan tunai keras. Sesuaikanlah cara pembayaran dengan kemampuan keuangan Anda, jangan sampai Anda merasa keberatan dengan cara pembayaran yang telah dipilih.

Jika Anda memiliki banyak uang, alangkah lebih baik jika membeli secara tunai keras karena sangat menguntungkan bagi Anda.

Ya, Anda tidak perlu memikirkan cicilan setiap bulannya sehingga uangnya bisa digunakan untuk membeli barang yang lainnya atau bisa juga ditabung guna merenovasi rumah atau menambah komponen rumah dikemudian hari.

Namun, jika Anda tidak memiliki uang dalam jumlah yang besar, maka pilihlah cara pembayaran tunai tertahap atau tunai Kredit Pemilikiana Rumah (KPR).

5. Kondisi rumah

Sebelum membeli rumah pertama, alangkah lebih baik jika Anda melakukan survey secara langsung ke rumah yang ingin dibeli. Dengan begitu, Anda dapat melihat sendiri kondisi rumahnya seperti apa dan bagaimana keadaan di sekitarnya.

Dengan mengecek sendiri kondisi rumahnya, maka Anda akan terhindar dari penipuan. Ya, biasanya ada agen yang memalsukan antara foto dengan keadaan rumah yang sesungguhnya.

Jadi, sebisa mungkin lakukanlah survei secara langsung. Jika memang tidak memiliki waktu untuk hal tersebut, maka Anda bisa mendelegasikan orang kepercayaan Anda untuk melakukan survey, entah itu dari keluarga Anda ataupun teman Anda.

6. Lingkungan

Untuk Anda yang baru saja menikah, penting sekali memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah yang akan dibeli apakah memungkinkan untuk tumbuh kembang anak atau tidak.

Tak hanya perkembangan fisik si anak saja yang diperhatikan, perkembangan psikologis juga perlu dilakukan yaitu dengan memilih rumah yang asri dan banyak pepohonannya. Rumah yang seperti ini juga akan membuat penghuninya merasa nyaman, tentram, dan damai.

7. Siapkan dana darurat untuk rumah

Selain dana untuk membeli rumah pertama, Anda juga sebaiknya menyiapkan dana darurat untuk keperluan perbaikan rumah baru ataupun penambahan komponen rumahnya. Dana darurat ini bisa digunakan untuk membiayai pengeluaran yang tidak terduga.

8. Lokasi

Lokasi merupakan faktor penting yang harus diperhatikan selanjutnya. Perhitungkanlah secara matang antara jarak rumah dengan jalan raya ataupun dengan tempat kerja Anda. Jangan sampai Anda melakukan pemborosan hanya karena memilih lokasi rumah yang salah.

Kedelapan tips membeli rumah pertama tersebut patut untuk dipraktekkan oleh Anda agar rumah impian bisa didapatkan dan tidak ada penyesalan di kemudian hari.